Mengetahui 7 Bahan Tas yang Bagus Sebelum Memesan Tas Custom

Ada banyak merek ternama untuk berbagai macam jenis tas, namun yang terpenting adalah bagaimana Sahabat mengetahui bahan tas yang bagus dan tahan lama. Terlebih jika Sahabat berencana memesan tas souvenir atau tas seminar, tentu saja hal ini cukup krusial untuk diketahui.

Desain menawan disertai fitur sebuah tas yang fungsional memang tak kalah penting. Meskipun demikian, bahan tas yang bagus bisa jadi menjadi kriteria utama ketika Sahabat memilih dan membeli sebuah tas. Khususnya pemesanan tas dalam skala besar seperti keperluan seminar dan pelatihan, maka hal tersebut akan menjadi pertimbangan yang sangat penting karena melibatkan kenyamanan orang banyak.

Oleh karena itu, sangat tepat rasanya apabila Sahabat berkunjung ke sini guna memperoleh informasi tersebut. Berikut ini berbagai macam bahan tas yang bagus dan layak Sahabat pertimbangkan saat memilih ataupun memesannya dalam skala besar.

1. Kulit

bahan tas yang bagus
Tas dari bahan kulit/genuine leather. (Foto: stylemotivation.com)

Kebanyakan bahan kulit dengan kualitas terbaik memang digunakan oleh produk tas dengan brand terkenal. Bersyukurnya, saat ini telah banyak industri tas rumahan yang memiliki relasi yang baik dengan para pengepul bahan kulit asli/genuine leather sehingga tas berbahan kulit telah banyak juga digunakan banyak brand indie.

Sedangkan untuk pemesanan tas seminar kit dengan bahan dasar kulit asli sangat jarang disanggupi oleh para vendor karena pengerjaannya yang cenderung membutuhkan keterampilan khusus. Sehingga alternatifnya adalah menggantinya dengan bahan kulit sintetis. Namun, Sahabat tak perlu kahawatir masih ada berbagai macam pilihan bahan dasar lain pada urutan selanjutnya.

2. Cordura

Bahan tas yang bagus dari cordura. (Foto: cultofcarry.org)

Salah satu bahan yang digunakan untuk tas carrier alias tas gunung karena daya tahannya terhadap berbagai macam cuaca bahkan cuaca yang buruk sekalipun. Dari segi harga pun, bahan yang terdiri dari tenunan denier ini memang lebih mahal dibanding dengan beberapa jenis bahan dasar tas lainnya.

3. Denim

bahan tas yang bagus
Bahan tas denim. (Foto: cultofcarry.org)

Bahan ini sering juga disebut dengan nama jeans yang kerap kali dijadikan bahan dasar pembuatan celana. Komposisi bahan denim sendiri terbuat dari cotton twill yang tebal bahkan tebalnya mirip dengan karpet yang cukup kaku. Bedanya, denim akan semakin lentur seiring berjalannya waktu dan intensitas penggunaannya.

Jenis bahan denim juga biasanya diaplikasikan pada tas dengan gaya urban karena warna khasnya yang biru pudar. Biasanya, anak muda kekinian akan terlihat semakin trendy apabila warna ransel denimnya terlihat semakin pudar.

4. Kanvas

tas kanvas
Bahan tas kanvas. (Foto: cultofcarry.org)

Bahan kanvas terbuat dari katun yang ditenun dengan tekstur yang kasar dengan sifat bahan sedikit lebih berat. Sifatnya yang lentur juga menjadi mudah dijadikan bahan dasar berbagai jenis tas, mulai dari tas jinjing, selempang maupun tas ransel. Teksturnya yang kasar cenderung menimbulkan kesan yang kasual sehingga pemilihan tas berbahan dasar kanvas ini mungkin perlu desain kombinasi apabila dijadikan merchandise acara formal.

Proses produksi tas berbahan kanvas juga relatif lebih mudah dibandingkan dengan tas berbahan kulit yang tebal dan memerlukan mesin jahit khusus. Meskipun demikian, masalah ketahanan bahan kanvas ini tak perlu diragukan lagi karena mampu menampung berbagai beban yang cukup berat. Kecuali beban kehidupan si pemilik tasnya ya. He…he.

5. Neoprene

bahan tas yang bagus
Bahan tas neoprene. (Foto: cultofcarry.org)

Neoprene terbuat dari karet sintetis yang melalui proses polymerisasi pada chloroprene. Meskipun sering kali digunakan sebagai bahan dasar karet bantalan jembatan atau rubber bearing pad, kecanggihan teknologi saat ini mampu mengolahnya menjadi kain berkualitas sebagai bahan dasar tas.

6. Vinyl

bahan vinyl
Bahan tas dari vinyl. (Foto: stylemotivation.com)

Sekilas mungkin Sahabat menyangka bahan ini merupakan leather. Namun dengan sedikit merabanya, Sahabat akan mengetahui bahwa bahan ini adalah vinyl karena lebih licin. Pasalnya jenis bahan vinyl terbuat dari semacam plastik karet yang kering tanpa pori-pori. Sudah dapat ditebak, alasan banyak orang menggunakan bahan ini untuk produksi tasnya karena sifatnya yang tahan air.

Baca juga: Jenis-jenis Kain sebagai Bahan Dasar Pembuatan Tas

7. Mesh

bahan mesh
Bahan tas dari mesh atau kerancang. (Foto: cultofcarry.org)

Termasuk pada jenis bahan ‎nylon dan polyester dengan permukaan yang menyerupai anyaman karena terdapat banyak lubang yang teratur. Sering kali bahasa kita menyebutnya sebagai tas kerancang. Mungkin Sahabat juga sering kali menemukannya pada bagian dalam tas carrier sebagai bahan saku juga lapisan penguat bagian dalam tas.

Selain 7 bahan dasar tas tersebut, masih banyak lagi jenis bahan dasar tas lainnya. Namun bahan-bahan yang telah diulas di atas merupakan bahan tas yang bisa dikatakan lebih bagus dari bahan dasar tas lainnya. Apabila Sahabat merasa bingung dengan pilihan bahan mana yang cocok, Sahabat dapat menghubungi kontak Vivass Bag langsung. Dengan senang hati tim ahli dari Vivass Bag akan merespon pesan Sahabat.

Baca juga: Bahan Dasar Pembuatan Tas Kulit Dibandrol dengan Harga Selangit

Demikian informasi yang dibagikan Vivass Bag kali ini, jika menurut Sahabat artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman lainnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.