7 Tips Memilih Tas Seminar Agar Peserta Tidak Kecewa

Bagi Sahabat yang pertama kali mengadakan kegiatan workshop mungkin tengah disibukkan dengan mencari tas seminar seperti apa sih yang cocok baik dari segi desain maupun dengan budget yang dianggarkan.

Tas seminar memang tak bisa dikesampingkan begitu saja keberadaannya dalam suatu acara. Pasalnya, tas eksklusif bagi para peserta ini bis dijadikan sebagai penguat image bahwa acara tersebut diselenggarakan secara sungguh-sungguh sehingga para pesertanya pun rela membayar harga tiket yang telah ditentukan panitia. Selain itu, tas seminar juga membuat kesan yang cukup membekas di benak para pesertanya, pastinya mereka akan merasa diistimewakan dalam serangkaian acara tersebut dengan diberikan suvenir berupa tas eksklusif.

Sahabat juga sering bukan menanyakan fasilitas apa aja yang disediakan panitia sebelum mengikuti suatu acara seminar? Kalau saja pada list fasilitas seminar tersebut ada tas eksklusif bagi pesertanya, tak jarang Sahabat langsung antusias mengikuti seminar tersebut. Betul kan?

Nah, jika kali ini Sahabat ada dalam posisi sebagai panitia serangkaian acara seminar tersebut. Tips apa aja sih yang diperlukan agar memilih tas seminar benar-benar tepat? Yuk, kita simak sama-sama.

1. Tema Acara

tema acara seminar
(Foto: Istock Photo)

Apapun acaranya, biasanya acara seminar dapat dikategorikan menjadi tiga kategori; formal, semi-formal atau non-formal. Dengan mengetahui kategori tersebut, Sahabat akan lebih mudah membuat gambaran desain tas seminar yang tepat untuk acara tersebut. Misalnya, apabila seminar yang diselenggarakan bersifat formal maka Sahabat dapat memilih bahan dinier sehingga terlihat rapih ketika dipakai.

Sedangkan untuk acara yang semi-formal atau non-formal Sahabat bisa memilih bahan lebih leluasa dan dinamis. Misalnya, memilih bahan kanvas ataupun jeans. Setiap bahan tentu saja memiliki harga yang berbeda sesuai kualitasnya masing-masing, jadi Sahabat juga dapat mencocokkan budget terlebih dulu sebelum memilih bahan yang pas.

2. Peralatan Peserta

peralatan peserta seminar
(Foto: Istock Photo)

Dalam acara seminar yang berdurasi panjang, apalagi lebih dari satu minggu alangkah baiknya apabila Sahabat merancang desain tas berkapasitas besar sehingga para peserta merasa lebih praktis dalam membawa peralatan mereka. Misalnya, desain tas dibuat dengan berbagai kompartemen serbaguna di dalamnya untuk memuat pakaian hingga peralatan mandi.

3. Usia Peserta

(Foto: Istock Photo)

Mengapa usia peserta menjadi faktor yang cukup penting? Jika Sahabat menyelenggarakan seminar untuk kalangan anak muda, tentu saja desain tas seminar yang dibuat harus bersifat kekinian dengan bentuk yang cenderung lebih dinamis daripada tas orang tua. Sebaliknya, tentu saja tak elok rasanya apabila melihat para peserta seminar yang lanjut usia harus menggunakan tas ransel dengan banyak kantong di belakangnya.

4. Lokasi Seminar

lokasi seminar
(Foto: Istock Photo)

Tak jarang ditemukan acara seminar yang diselenggarakan secara outdoor sehingga berbagai suvenir yang disedikan panitia harus sesuai dengan lokasi tersebut. Misalnya, apabila Sahabat menyelenggarakan acara seminar bertemakan ‘pecinta alam’ yang dilakukan di luar ruangan pastinya desain tas seminar yang dibuat perlu daya tahan yang cukup kokoh. Oleh karena itu, Sahabat dapat mengonsultasikannya dengan produsen tas yang tepat.

5. Bentuk Tas Seminar

desain tas seminar
(Foto: Istock Photo)

Tentukan terlebih dahulu bentuk tas seperti apa yang akan disediakan panitia; apakah tas selempang, waist bag, ransel, tas jinjing atau bentuk tas lainnya. Desain tidak hanya ditentukan sepihak oleh panitia, alangkah baiknya apabila mempertimbangkan faktor kenyamanan para peserta seminar berdasarkan fungsinya.

6. Kompartemen Elektronik

kantong gadget pada tas
(Foto: Istock Photo)

Apapun seminarnya, di era digital seperti sekarang ini kemungkinan setiap orang membawa peralatan elektronik baik itu sekedar ponsel, laptop atau gadget lainnya. Tak ada salahnya apabila desain kompartemen tas bagian dalam dilengkapi kantong untuk menyimpan barang elektronik tersebut sehingga tas seminar yang dibuat lebih terasa fungsional dan kekinian.

Baca juga: 5 Karakteristik Tas Seminar Kit Jogja Ternyata Mencuri Perhatian

7. Pilih Produsen Tas Seminar Terpercaya

produsen tas seminar terpecaya
(Foto: Istock Photo)

Apapun acaranya dan bagaimanapun desain tasnya tentu saja tidak akan terwujud apabila Sahabat salah memilih produsen tas untuk acara yang akan Sahabat selenggarakan. Oleh karena itu, Sahabat perlu menggali informasi lebih dalam mengenai vendor tas yang akan Sahabat ajak untuk bekerjasama. Mulai dari lamanya berdiri, customer mana saja yang telah bertransaksi hingga fasilitas apa saja yang diberikan produsen atau konveksi tas seminar tersebut.

Misalnya, Vivass Bag yang telah beridiri sejak tahun 90-an berani memberikan fasilitas gratis ongkir ke seluruh daerah di Indonesia dengan banyak testimoni yang sukses hingga ke luar daerah seperti Maluku dan Papua. Jadi, Sahabat tidak perlu ragu akan kualitas produk maupun layanannya.

Baca juga: Satu-Satunya Produk Tas Seminar dengan Fasilitas Gratis Ongkir

Dengan memerhatikan 7 tips memilih tas seminar di atas semoga acara yang akan Sahabat selenggarakan semakin diminati dan lancar dalam serangkaian kegiatannya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.