Benarkah Tas Mahal Membuat Kaum Wanita Lebih Percaya Diri?

Kalian pecinta fashion atau bukan, menyukai barang-barang branded atau biasa, adalah sebuah pilihan. Kita tidak bisa menjudge penyuka barang branded lebih baik daripada yang bukan atau sebaliknya karena masing-masing memiliki alasan tersendiri, kelebihan dan kekurangan masing-masing selain dari segi kemampuan finansial tentu saja.

Berbicara mengenai tas branded atau tas bermerek, tentu kita langsung berpikiran beberapa merk terkenal dari Eropa dan harga-harganya yang selangit dan hanay bisa dijangkau oleh kalangan tertentu saja. Tas-tas branded tersebut memang benar-benar berharga fantastis, puluhan, ratusan bahkan hingga milyaran. Sebut saj abeberapa merk tas dunia seperti Chanel, Hermes, Fendi, Louis Vitton, Prada, dan sebagainya.

Artikel sebelumnya ‘Bahan Dasar Kresek Bisa Hancur dan Tidak Bisa Hancur’

Namun, jika beberapa merk yang disebutkan di atas masih terlalu berat, kalian bisa mencari yang lebih terjangkau dengan harga jutaan saja misalnya, jika mereknya telah dikenal luas secara Internasional, dan diakui brand image-nya (citra merek) maka bisa disebut tas branded. Seperti misalnya Coach, Fossil, Kate Spade, Michael Kors, Liebeskind dan masih banyak lagi.

Tas Mahal Wanita di Dunia

Memang tas branded identik dengan keluaran Eropa atau America atau lebih dikenal dengan sebutan designer bag. Branded Bag dianggap sebagai barang mewah, eksklusif, limited edition dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu. Namun justru karena jumlah yang terbatas, membuat tas- tas merek tersebut tidak mudah di dapatkan dan semakin dianggap berharga. Untuk di Indonesia sendiri, factory outlet hanya ada 1 atau 2 di mall-mall kota besar saja.

Tas Mahal Wanita di Dunia

Harga-harga tas brabded yang selangit hinggabbermilyar-milyar tersebut ternyata masih saja diburu olheh kalangan para pecinta fashion. Berikut beberapa alasan kenapa tas branded menjadi buruan.

Sangat Nyaman

Dimanapun, ada harga ada rupa. Tas braned pun demikian, setimpal dengan harga yang ditebus, harganya pun setimpal. Produk-produk primer memang selalu mengutamakan kenyamanan pemakainya. Karena sebelum memproduksi, pembuat baju branded atau tas branded selalu memastikan produk yang mereka buat berkualitas tinggi dan disukai dan tentu saja didesain oleh desainer yang profesional dan mengerti kemauan pasar. Tentang harga, tak pernah jadi masalah jika sudah memiliki pemakai loyal. Dan memang gaya hidup branded memiliki penggemar setia tersendiri.

Kualitas

Tas Mahal Wanita di Dunia

Meskipun tidak semua barang mahal berkualitas bagus, tetapi kalau sudah menyangkut merk, tentu konsumen tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang jutaan trupiah demi barang yang mereka incar. Barang barang branded selalu menggunakan bahan kualitas tinggi dengan pengerjaan yang detail. Maka jangan heran jika harganya bisa sangat tinggi. Misalnya, Luxury bag selalu menanamkan persepsi bahwa tas tersebut adalah produk yang unggul (perceived value). Sehingga konsumen memiliki anggapan, bahwa jumlah cost (biaya) yang dikeluarkan akan setimpal dengan benefit (manfaat yang di dapatkan).

Tas branded umumnya terbuat dari material terbaik dengan harga yang tinggi. Pembuatannya pun memerlukan ongkos produksi yang tidak murah. Beberapa dibuat secara handmade. Ditambah biaya marketing (termasuk promosi dan distribusi) yang  mungkin 2 kali lipat biaya produksi.

Selain karena material bernilai tinggi, beberapa merek tas branded standar seperti Michael Kors, Coach dan Fossil memang memiliki ketahanan yang bagus. Beberapa diantaranya terbuat dari kulit asli, dan kalaupuntas tersebut terbuat dari kulit sintesis, materialnya tahan terhadap berbagai abuse baik panas dan hujan. Kemudian jika tas tersebut disimpan dalam waktu yang cukup lama, mungkin akan muncul sedikit jamur namun tidak membuat rusak. Hal yang harus diperhatikan ialah bagaimana cara merawat tas branded dengan baik dan benar sehingga tahan lama dan tidak jamuran.

Terpercaya

Seperti yang telah disinggung seidkit di paragraf sebelumnya, jika mahal tidak mesti bagus, tetapi branded berbeda karena sudah merupakan jaminan jika tas tersebut bagus dan bermuru. Produk brand tertentu biasanya memiliki sejarah yang panjang sebelum dinobatkan sebagai produk berkualitas tinggi. Salah satunya adalah kepuasan para pemakai yang berujung pada loyalitas. Selain tu, barang branded biasanya juga memiliki ciri khas yang mudah dikenali, mislanya tas Channel yang seringnya mengeluarkan koleksi terbarunya dengan warna-warna yang netral.

Estetika tinggi

Barang branded tentu memperhatikan estetika karena melalui proses desain dari pemilihan gambar, pemilihan bahan, sampai perpaduan warna dan berbagai dimensi lainnya yang hampir bisa dipastikan bakal laku di pasaran meskipun bentuknya aneh misalnya seperti ember plastik.

Bernilai Investasi

Beberapa benda branded yang disebut collectible items bisa menjadi investasi mengasyikkan. Nilai atau harga collectible items biasanya bertambah seiring dengan waktu. Jadi pemiliknya dapat menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Tentu saja syarat dan ketentuan berlaku. Atau juga bagi para kolektor tas branded yang sudah bosan dengan koleksinya, mereka bisa menjualnya lagi karena ternyata masih banyak para pecinta prelove yang mungkin sudah tidak kebagian modelnya, atau yang memilih budget pas-pasan namun masih menginginkan bergaya. Jadi jangan takut untuk merugi, karena sebenarnya kalian untung dua kali, selain gaya yang up to date, namun tas koleksi kalian juga bisa dijual kembali. Untung jika mampu menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Model Tidak Lekang oleh Waktu

Inilah salah satu alasan orang mengeluarkan banyak uang untuk produk branded. Modelnya timeless sehingga bisa dipakai untuk waktu yang sangat lama tanpa takut dikatakan ketinggalan.

Emotion

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian konsumen dari tas bermerek memiliki motif psikologis dalam melakukan pembelian (purchase decision). Bahkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Social Psychology mengatakan jika rendahnya harga diri/ rendah diri (low self-esteem) menjadi faktor mengapa orang membeli barang mewah, meskipun sebenarnya tidak mampu membeli. Membeli branded bag akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri mereka. Pengguna tas branded akan merasa lebh percaya diri, dan lebih eksis sert diakui. Karena bagaimanapun, apa yang kita pakai akan menentukan kualitas atau status sosial pemakai.

Di China misalnya, pria menggunakan barang mewah untuk memamerkan kesuksesan dan kekayaan mereka. Sehingga tidak heran, obsesi pada barang mewah membawa pada perilaku hedonistik. Selain alalsan-alasan di atas, membeli barang-barang branded juga sebagai wujud apresiasi atas jerih payah yang telah mereka keluarkan. Terlebih ketika mereka mencari uang sendiri. Selain itu, ada beberapa situasi misalnya saat pitching dengan klien, tas yang ditenteng membawa rasa percaya diri dan menunjukkan kemampuan finasial yang mapan sehingga memunculkan trust orang lain.

Alasan Perlu atau Tidaknya Tas Branded

Kita tahu berbagai alasan kenapa seseorang membeli tas branded, namun demikian, seringkali orang terjebak hanya sebatas untuk bergaya agar diakui oleh lingkungan kita. Kita boleh hhobby untuk mengoleksi tas bermerk tetapi tentu dalam batas yang sewajarnya dan jangan lupa untuk terus menabung atau berinvestasi.

Alasan pertama kenapa harus menunda atau tidak membeli tas branded secara terus menerus, karena tentu barang branded sekarang akan tergantikan dengan barang yang lebih bagus musim berikutnya, terlebih saat ini perkembangan teknologi yang semakin modren salah satu faktor sewaktu-waktu barang branded sekarang tidak lama kemudian akan tergantikan dengan barang yang lebih bagus dan lebih mahal. Dan pertanyaannya, sampai kapan kita bisa terus menerus mengikuti perkembangan mode?

Bisa Cari Preloved dengan Harga yang Lebih Murah

Menemukan harga yang lebih miring tentu salah satu pilihan terbaik dari pada terburu-buru untuk melakukan pembelian tanpa mencari pembanding harga lainnya apalagi jika budget kalian ngepas, akan lebih baik jika kalian tidak memeksakan kehendak dengan membeli barang branded.

Asalkan kalian tahu ya, jika barang branded merupakan keinginan impulsif. Kebiasaan mengkoleksi barang barang bermerek terkadang bisa membuat seseorang tidak bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Dan jika hal ini tidak terkontrol,  alih-alih akan menghancurkan hidup kalian karena mengikuti keinginan tidak akan pernah habis sementara keuangan kalian akan tergerus dengan barang barang tersebut.

Hati-hati dengan barang mahal, karena yang mahal belum tentu berkualitas, dan tidak selamanya harga dan kualitas sepadan. Karena itu, jika sebelumnya kalian hobi mengkoleksi tas branded buatan Eropa dan Amerika, sekarang buatan Asia yang tidak kalah bagus seperti jepang, korea, india, kamboja, china, dan indonesia sendiri mudah ditemukan. Pertimbangkan sekali lagi ketika ingin membeli barang bermerk.

Terkadang tidak sedikit orang yang terkecoh dengan harga, melihat barang tersebut dibandrol dengan harga yang tinggi tetapi kualitas barang tersebut tidak sepadan dengan kualitas pada barang tersebut. Sekali lagi gengsi di nomor sekiankan terlebih dahulu.

Jadi bagaimana keputusan nkalian? Masih terus mengoleksi barang-barang branded dengan berbagai alasan yang bsia diterima, atau karena sekadar keinginan agar diakui atau lebih memilih tas biasa saja asalkan bagus? Semua pilihan tentu kalian sendiri yang menentukan.

Untuk harga tas seminar, tas pelatihan atau tas souvenir tentu saja tak harus semahal itu. Bahkan harga dapat disesuaikan dengan budget yang ada. Jadi, bagi Anda yang berencana mengadakan acara tertentu seperti seminar dan pelatihan lainnya, jangan lupakan merchandise tas seminar yang bisa membuat audience semakin percaya dengan produk Anda. Kami siap melayani pembuatan tas seminar Anda. Dapatkan harga tas seminar murah dan berkualitas langsung dari produsennya, Vivass Bag. Telah berpengalaman sejak tahun 90-an sebagai konveksi tas, pabrik tas di Jogja yang aman, cepat dan berkualitas ditambah GRATIS ONGIR ke seluruh daerah di Indonesia dengan minimum pemesanan 30pcs.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked