Tas Seminar: Penggunaan Tote Bag dan Bahan Dasar Pembuatannya

tas seminar tote bag

Contoh tote bag – hipwee.com

Tote bag biasanya identik dengan tas seminar atau souvenir dalam suatu acara. Mengingat merupakan salah satu jenis tas yang paling banyak dimiliki dan difavoritkan karena bentuknya yang simple, ringan dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan dengan mempertahankan gaya casual. Selain itu, tas ini bisa digambar dan didesain sesuai kehendak hati.
Pada awalnya, kata “tote” tidak digunakan untuk istilah tas hingga tahun 1900. “Tote” memiliki arti “untuk membawa”. Di Amerika, sekitar tahun 1944, LL Bean meluncurkan produk Boat Bag, tas ini dikhususkan untuk para pendayung perahu. Namun, kesederhanaan dan kekokohan tas jenis ini digemari banyak orang, terutama kaum hawa. Mulai tahun 1950-an, tote bag menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Kebanyakan digunakan kaum hawa sebagai tas tangan.

tas seminar tote bag

Tote bag bisa memuat cukup banyak barang – hipwee.com

Hal tersebut terjadi paling tidak hingga tahun 1960-an, tote bag tidak dilirik menjadi bagian suatu fashion. Namun, setelah Bonnie Cashin meluncurkan produknya yang bernama Cashin Carry Tote Bags pada tahun 1960-an, tote bag menjadi produk berkelas dengan gaya yang khas untuk aktivitas-aktivitas praktis sehari-hari. Kemudian pada tahun 1990-an, Kate Spade menjadi satu-satunya yang mengubah tas bagasi dari tas travel menjadi tas fashion. Sejak saat itu, tote bag menjadi bagian dari fashionTote bag pada penggunaannya juga sering dijadikan sebagai media promosi seperti tas seminar, tas souvenir atau tas sebagai fasilitas pelatihan tertentu.

Tote bag biasanya terbuat dari kain kanvas, seperti pada mulanya namun kemudian digantikan dengan bahan kulit. Kini, banyak tote bag yang terbuat dari berbagai macam kain dan termasuk yang terbuat dari bulu binatang. Namun di berbagai negara, tote bag yang terbuat dari kulit binatang dilarang berkaitan dengan isu-isu lingkungan. Selain itu, tote bag juga banyak digunakan sebagai tas belanja, dan kini tas ini menjadi bahan aksesoris tersendiri namun juga banyak digunakan dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Tote bag juga dapat dibuat dari kain bekas kantung tepung terigu, kualitas kain yang tidak kalah dengan daya tahan kanvas.
Di Indonesia, tote bag ini juga disebut sebagai goody bag freebies untuk acara-acara tertentu. Sebenarnya tas ini banyak digunakan sebagai tas tambahan, kalian bisa menemukan tas ini banyak digunakan oleh para pelajar.
Fungsi lainnya yakni untuk menggantikan fungsi kantong plastik yang sulit terurai sehingga tote bag banyak digunakan untuk menggantikan kantong plastik karena kekokohannya seperti kantong plastik. Karena terbuat dari kain, tote bag dinilai lebih ramah lingkungan. Selain itu, kebanyakan tote bag dibuat secara handmade, tanpa mesin yang menggunakan minyak bumi. Dengan menggunakan tote bag, aktivitas belanja pun menjadi lebih fashionable dan tetap ramah lingkungan. Di negara-negara maju yang peduli dengan lingkungan, tote bag banyak digunakan sebagai tempat belanja atau shopping bag. Tas ini juga banyak digunakan oleh banyak perusahaan atau tempat belanja untuk dijadikan sebagai shopping bag. Mungkin kalian juga pernah melihat penggunakan tote bag di berbagai acara sebagai tas seminar ataupun tas souvenir di pesta pernikahan. Ini merupakan fungsi praktis dari tote bag yang memang serba guna.

Perbandingan Tas Anak 90-an dan Tas Anak Zaman Now

Jenis-Jenis Tas Slempang untuk Pria dan Fungsinya

Jenis-Jenis Kain sebagai Bahan Dasar Pembuatan Tas

Bahan Baku Tote Bag

Kain Kanvas

Selain terbuat dari kain kanvas, totebag juga banyak menggunakan bahan nilon. Sayangnya, tote bag yang terbuat dari bahan nilon tidak rekomended karena ketika terkena sinar matahari akan membuat serat sintetis nilon menjadi rusak, sehingga totebag pun akan cepat rusak. Selain karena simple, tote bag sangat digemari oleh masyarakat karena tas ini dijual dengan sangat murah dan bahkan sering digunakan sebagai tas promosi untuk seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang simple dan hanya ditambah bordir atau sablon tenteng perusahaan atau lembaga yang akan dipromosikan.
Jika kalian menginginkan harga yang murah, kalian bisa beriklan menggunakan tote bag berbahan kanvas untuk dijadikan tas promosi kalian. Bahan kanvas bagus untuk dijadikan sebagai tas promosi karena bahannya kuat dan murah. Selain sering digunakan sebagai tas promosi, tote bag juga banyak digunakan sebagai tas souvenir ulang tahun atau pernikahan.

tas seminar tote bag

Tote bag sarana promosi

Kain Spunbound

Tote bag juga banyak yang berbahan dasar kain spunbond atau biasa kita menyebutnya dengan tas furing ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahan spunbond ini asalnya terbuat dari serat panjang yang diolah dengan menggunakan campuran kimia dan cat pelarut yang dipanaskan.
Jika dibandingkan dengan bahan blacu atau kanvas, tentu jenis kain ini kalah kuat. Namun tote bag berbahan spunbond ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti tas plastik lebih hemat dan kuat untuk dijadikan shopping bag.

Kain Blacu

Jenis kain untuk tote bag selanjutnya adalah blacu. Blacu ini cukup sering digunakan untuk membuat goody bag karena harganya yang cukup terjangkau dan kuat. Bahan blacu sendiri sebenarnya berasal dari turunan mori. Kain mori terdapat dua jenis yakni kain mori yang sudah mengalami proses pemutihan disebut dengan kanvas, sedangkan yang satunya lagi disebut kain blacu yakni kain mori yang belum mengalami proses pemutihan. Warna yang biasa ada di pasaran adalah blacu berwarna putih gading dengan serat sedikit kasar.

Kain Drill

Kain Drill ini memiliki bentuk serat dan bergaris-garis miring nge-drill yang umumnya merupakan campuran bahan katun dan polyester. Semakin kadar katunnya banyak semakin pula mahal harganya. Bahan ini jika dibuat untuk tote bag sebagai tas seminar dengan harga relatif murah dengan tetap membuat tampilan kece dan tidak mudah kusut , kuat dan tidak mudah pudar. Selain itu karakter dari kain ini menjadikan tas yang dibuat menjadi nampak elegan karena karakteristik dari kain drill sendiri memiliki permukaan bahan yang berbeda antara bagian depan dan belakang.

Alasan Mengapa Memilih Tote Bag

Fungsi asli tas memang untuk membawa barang-barang agar tidak terburai, namun jangan salah tas juga memiliki fungsi fashion, karena itu memiliki tote bag juga bisa dijadikan barang untuk kalian mengeksiskan diri. Tak perlu branded, bahkan tote bag yang sederhana dan serbaguna bisa digunakan untuk mewadahi barang penting.

Totebag Kecil Serba Guna: Tas Seminar ataupun Fashion

Biasanya tote bag berukuran standar sekitar 30 cm x 30 cm, namun ternyata tas kecil ini juga bisa diisi dengan beragam bentuk barang. Notebook kecil atau tab, atau bahkan kamus pun mampu di bawa oleh tote bag, terlebih tote bag berbahan kanvas lebih kuat. Selain itu, tote bag ini simple dan bisa dilipat sehingga terasa lebih sederhana serta bisa dibawa kemana pun tanpa perlu cemas kehabisan ruang.
Di antara beberapa bahan yang sering digunakan untuk tote bag paling banyak digunakan dari bahan kanvas atau kain katun drill yang bisa dilipat dan tidak mudah kusut, bisa diringkas dan dimasukkan ke dalam tas kalian untuk berjaga-jaga kapanpun kalian membutuhkan. Misalnya jika kalian berbelanja, dan membawa tote bag kalian bisa menggunakan tote bag untuk berjaga-jaga membawa barang belanjaan kalian. Selain itu, dengan menggunakan bahan ini kalian bisa menghemat penggunaan plastik dan membantu menjaga lingkungan. Apalagi melihat sekarang plastik sudah berbayar dan sudah terlalu banyak penggunaannya, kita tahu plastik sulit diurai dan bukan bahan organik sehingga dengan menggunakan tote bag organik menjadi salah satu upaya melestarikan lingkungan.
Keuntungan lainnya menggunakan tote bag yakni tas ini sangat murah dan mudah dirawat. Dimanapun, kalian bisa mencari tas ini apakah di toko konvensional atau di toko-toko online dengan harga yang sangat murah. Tote bag berukuran A4, biasanya dibrandol dengan harga di bawah Rp 50,000, bahkan jika bentuknya kosong tidak ada sablon atau gambar apapun harganya paling cuma Rp10.000.-
Tote bag pun sangat mudah untuk dirawat dan mudah. Jika terkena air atau basah, tinggal diangin-anginkan saja agar tidak jamuran. Atau tinggal dicuci seperti mencuci pakaian biasa. Jika ingin sedikit berbeda, kalian bisa membeli tote bag kosong, dan kemudian dilukis sendiri dengan gambar yang paling kalian sukai sesuai dengan motif dan warna yang diinginkan
Cara menggunakan tas ini pun mudah sekali yakni tinggal dipakai di pundak dan penampilan kalian sangat simple. Karena itulah, tote bag sangat tepat untuk dijadikan pilihan untuk pergi hangout bersama teman-teman dan pergi jalan-jalan santai.

tas seminar tote bag

Contoh tote bag polos – Tokopedia.net

Kebanyakan orang mengenal tote bag sebagai tas seminar atau tas souvenir dalam acara-acara. Maklum, tote bag dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan sederhana tanpa penggunaan kompartemen khusus lebih cocok digunakan untuk kepentingan tersebut. Selain itu pun, biaya yang dikeluarkan untuk meproduksinya cenderung lebih hemat dari biaya produksi tas lainnya.

Artikel Kategori Lainnya

Pabrik Tas Jogja

Konveksi Tas Seminar

Tas Pelatihan Murah

Tas Seminar Murah

Pesan Tas Seminar

Related Posts

10 Comments

  1. Zee
    Zee
    , 2018-05-12

    Pesan tas seminar di sini tidak akan kecewa, benar-benar gratis ongkir ke seluruh daerah di Indonesia.

    Quote
  2. Pesan Tas Seminar
    Pesan Tas Seminar
    , 2018-05-12

    Tas seminar murah dengan kualitas yang sesuai dengan budget. Jangan ragu untuk bertransaksi dengan Vivass Bag. Aman, cepat dan berkualitas

    Quote
  3. Konveksi Tas Seminar
    Konveksi Tas Seminar
    , 2018-05-12

    Konveksi tas seminar yang berkualitas dengan harga terjangkau karena langsung dari produsennya bukan makelar atau broker. Ditambah ongkir gratis asli bukan PHP. Tidak hanya untuk wilayah Yogyakarta, tetapi juga ke seluruh daerah di Indonesia dengan minimum pemesanan 30pcs.

    Quote
  4. Tas Pelatihan Murah
    Tas Pelatihan Murah
    , 2018-05-12

    Tas pelatihan murah tetapi berkualitas ya di Vivass Bag tempatnya, Mengapa bisa murah? Karena langsung dari produsennya tanpa melalu perantara makelar atau broker.
    GRATIS ONGKIR ke seluruh daerah di Indonesia, asli bukan PHP.

    Quote
  5. Tas Seminar Murah
    Tas Seminar Murah
    , 2018-05-13

    Segera konsultasikan kebutuhan tas promosi Anda. Dapatkan GRATIS ONGKIR ke seluruh daerah di Indobesia.

    Quote
    • Vivass Bag
      Vivass Bag
      , 2018-05-15

      Dijamin GRATIS ONGKIR ke seluruh daerah di Indonesia dengan minimal pemesanan 30pcs. Tas seminar murah dan berkualitas oleh Vivass Bag.

      Quote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked