Tas Seminar: Daftar Peralatan Mendaki Gunung Ini Wajib Ada dalam Tas

Daftar peralatan mendaki gunung semakin populer sejak munculnya film 5 CM yang menceritakan segerombolan anak-anak muda yang memanjat gunung, aktivitas naik gunung kemudian menjadi sangat mainstream dan sangat disukai oleh para remaja, dengan semboyan back to nature. Meskipun aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja, namun kebanyakan aktivitas muncak atau naik gunung lebih disukai oleh para pria. Berikut, beberapa aksesoris dan barang-barang bawaan lainnya yang biasanya ada di dalam tas cowok.

Tali Karmantel

Tali karmantel ini biasanya digunakan oleh para pecinta alam, para anak-anak gunung, khususnya aktivitas panjat tebing sebagai alat pengaman yang digunakan dalam aktivitas pendakian. Tali karmantel ini terkenal kuat, bahkan seutas tali saja sanggup menahan beban hingga 100kg atau bahkan lebih tentu saja tergantung besar-kecilnya diameter tali tersebut. Biasanya tali karmantel ini dibentuk sebagai kalung, gelang ataupun sebagai hiasan gantungan tas. Banyak yang menyebut tali karmantel ini sebagai tali prusik atau persik, padahal prusik/persik sendiri merupakan simpul yang biasa digunakan untuk mengikat tali karmantel.

Luci

Alat ini seperti Powerbank yang bisa digunakan untuk mencharg baterai smartphone kalian. Jika PB biasanya diisi oleh aliran listrik, Luci ini diisi dengan sinar matahari karena alat ini tertancap panel surya. Tak hanya itu, alat ini juga digunakan sebagai senter LED.

daftar peralatan naik gunung

Para pendaki gunung – hipwee.com

Ternyata PB bukanlah teknologi paling canggih dalam hal pengisian baterai. Teknologi luci menjadi pelengkap teknologi yang ada untuk mengisi gadget kalian. Dan untuk mendapatkan barang ini, kalian cukup merogoh kocek sekitar Rp 180,000 atau lebih.

Eton Scorpion

Ketika berada di gunung, kalian tentu akan kesulitan mendapatkan air bersih yang layak untuk diminum. Nah karena itu, kalian perlu membawa alat ini agar kalian tidak sampai dehidrasi atau kekurangan air. Alat ini sangat multifungsi apalagi ditambah dengan pegiat outdoor activity yang bisa digunakan sebagai senter, USB, Charger, atau bahkan pembuka botol dan bahkan bisa digunakan sebagai bahan komunikasi. Alat ini juga bisa diisi dengan tenaga surya atau juga tenaga lstrik. Untuk harganya, kalian bisa mendapatkannya hanya seharga 50 USD atau sekitar Rp 675 ribu.

daftar peralatan naik gunung

Salah satu alat canggih untuk mendaki gunung – hipwee.com

Sawyer

selain tempatnya yang praktis, kalian juga bisa mendapatkan air bersih dan layak minum hanya dengan memasukkannya ke dalam botol minum ini. Karena di dalamnya sudah terdapat filter yang mampu memurnikan air, dan kalian tinggal minum melalui perangkat filter. Jika kalian menghendakinya, harganya sekitar Rp 795 ribu.

daftar peralatan mendaki gunung

Sawyer – hipwe.com

Handspresso Wild Hybrid

daftar peralatan mendaki gunung

Penyeduh minuman saat mendaki gunung – hipwee.com

naik gunung tentu dingin kan, dan kalian memerlukan minuman-minuman yang hangat. Namun darimana kalian akan mendapatkan minuman hangat tersebut jika kalian sedang berada di puncak gunung? Nah alternatifnya, kalian bisa membawa alat ini untuk keperluan air hangat kalian. Pagi atau malam atau kapanpun kalian membutuhkan kopi, kalian tinggal seduh dengan menggunakan alat ini. Harganya? Sekitar Rp 2 juta.

Petzl NAO Headlamp

Sebuah headlamp ‘pintar’ dengan sensor cahaya yang secara otomatis memberikan cahaya yang kamu butuhkan ketika membaca peta, berjalan di jalan atau melihat ke arah kejauhan. Dengan alat ini, kalian tidak perlu takut karena tersesat.

Victorinox Expedition

Alat ini merupakan alat multi-tool kit yang cocok kamu bawa dalam saku karena alat ini memiliki 41 fungsi, termasuk lampu built in, jam digital, alarm, altimeter, barometer, termometer. Untuk harganya sekitar Rp 2 juta.

daftar peralatan mendaki gunung

Alat multifungsi mendaki gunung – hipwee.com

Meet Earl Survival Tablet

Alat ini begitu lengkap, cocok buat kamu yang suka berpetualang karena memiliki beragam fasilitas seperti GPS, sensor cuaca, barometer, termometer, kompas, radio AM/FM/SW/LW, pengisian solar, Bluetooth 4.0, built in walkie-talkie yang bekerja hingga 20 mil dan Android 4.1 ditampilkan pada layar e-ink dengan baterai rendah konsumsi.

daftar alat mendaki gunung

Pengukur suhu – hipwee.com

Garmin Quatix

daftar peralatan mendaki gunung

GPS canggih – hipwee.com

ada berbagai barang yang bisa digunakan untuk pergi muncak tanpa kalian takut kehilangan arah. Alat yang mirip jam tangan ini berfungsi sebagai pembantu navigasi dengan built-in GPS, altimeter, barometer, kompas dan termometer. Selain itu, kelebihan alat ini memiliki nirkabel yang dapat kamu hubungkan ke monitor dan smartphone dan dapat diisi ulang melalui USB. Dengan fungsi yang sebanyak itu, kalian akan paham kenapa alat tersebut dibandrol dengan harga Rp 5 juta.

Kompor Gas Portable

Ada lagi nih perangkat yang memudahkan kalian menikmati suasana gunung, yakni dengan kompor gas portable yang sangat canggih dan bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel sekaligus untuk memasak dan membakar kayu.

daftar peralatan mendaki gunung

Kompor gas portabel – hipwee.com

Iridium Extreme Satellite Phone

Alat ini tidak saja berfungsi sebagai handy talky saja, namun jauh lebih canggih karena mampu dioperasikan dengan baik ketika ponsel kalian tidak dapat digunakan. Misalnya ketika berada di saat-saat darurat, atau tersesat di tengah hutan, ia masih sanggup menerima sinyal dari berbagai tempat dengan ketahanan baterai hingga 30 jam. Dengan laat ini, kalian akan mampu mengirim GPS, sehingga orang lain akan tahu lokasimu kalau menangkap sinyal dari alat ini. Selain itu, ternyata bisa juga untuk menerima dan mengirim sms, voice mail, dan teathering data.

daftar peralatan mendaki gunung

Alat komunikasi saat mendaki gunung – hipwee.com

Headlamp

Headlamp ini merupakan perlengkapan naik gunung yang memiliki daya tahan baterai lebih dari 18 jam dan bisa diisi dengan menggunakan USB. Begitu tangguh lantaran tetap bisa menyala dalam kondisi ekstrem di dalam air. Selain itu, alat ini  juga ditunjang dengan lampu SOS Strobe yang bisa digunakan saat kondisi darurat. Harganya yakni sekitar Rp 2 juta.

daftar peralatan mendaki gunung

Lampu kepala – hipwee.com

Selain perlengkapan atau aksesoris yang harus ada di dalam tas pria ketika naik gunung, ada beberapa perlengkapan lainnya yang hukumnya wajib untuk dibawa yaitu:

Pakaian

Sebelum mendaki, ketahui terlebih dahulu berapa lama rencana mendaki kalian, hal ini penting untuk bisa mengatur berapa banyak dan seperti apa pakaian yang akan kalian gunakan ketika berada di atas gunung.

Bisanya para pendak membawa dua jenis pakaian ketika muncak ke atas gunung, yaitu pakaian untuk beraktivitas dan mendaki sebaiknya kalian memilih pakaian yang tidak ketat dan menyerap keringat. Dan kedua, pakaian untuk tidur, untuk ini sebaiknya kalian memakai pakaian yang hangat dan menahan panas. Sebagai catatan, hal yang tidak dianjurkan yakni memakai satu pakaian untuk kedua-duanya. Hal tersebut dilarang karena saat mendaki tubuh mengeluarkan keringat banyak karena kelembaban di atas gunung yang sangat tinggi meskipun pegunungan sangat sejuk.  Karena itu pakaian berkeringat membuat udara dingin semakin dingin dan akan lebih baik untuk menyiapkan pakaian hangat dan kering yang disiapkan untuk tidur.

Sleeping Bag dan Matras

Sleeping bag adalah barang yang harus dibawa untuk alat tidur kalian. Dan akan lebih baik jika melapisi matras atau sleeping bag dengan aluminium foil agar memberikan ras hangat saat tidur.

Jas Hujan

Jas hujan ini berguna untuk naik motor. Gak kok, bercanda. Jas hujan ini tentu saja berguna di kala hujan tiba. Letakkan jas hujan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga ketika hujan tiba, langsung dapat dipakai seketika itu juga.

Alat Makan

Selain membawa makanan siap santap, kalian juga perlu membawa berbagai perlengkapan memasak di gunung seperti piring plastik, sendok, kompor gas kecil, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Namun, jika sekiranya kita tidak perlu memasak makanan di gunung, barang-barang ini juga tidak perlu dibawa karena lumayan memperberat barang bawaan.

Obat-obatan

Perlengkapan obat-obatan sangat perlu disiapkan ketika hendak mendaki gunung, alasannya tentu kita tahu jika gunung merupakan medan terjal yang sulit dilakukan, karena itu sangat penting untuk disiapkan sebagai antisipasi jika terjal sesuatu di perjalanan mendaki. Selain obat-obatan ringan seperti bodrex, minyak angin, obat flu, mag, kalian juga harus membawa obat pribadi kalian jika kalian memiliki penyakit khusus misalnya penyakit asma.

Korek Api

Selain berguna untuk memasak saat di gunung. Korek api ini juga berguna jika kita ingin membuat api unggun. Hati-hati menggunakan korek api supaya tidak membakar hutan.

Senter/Headlamp

Senter dan headlamp sangat berguna memberi pencahayaan di kala gelap sedangkan senter dari handphone tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan terjal dan gelap. Bawa senter beneran atau headlamp instead of senter hape sekaligus membawa baterai cadangan secukupnya.

Tisu Kering & Tisu basah

Tisu itu sangat berguna untuk membersihkan banyak hal dan praktis untuk digunakan, mulai dari membersihkan baju, piring, gelas, membersihkan badan, untuk cebok, dan lain sebagainya. Baik tisu kering ataupun tisu basah, dan khusus untuk tisu basah kalian bisa menggunakan tisu basah ini untuk membersihkan kemaluan jika BAB atau buang air kecil.

Kantong Sampah dan Pakaian Kotor/Basah

Kantong plastik pakaian kotor/basah sangat penting supaya tidak tercampur dengan makanan, obat-obatan, dan pakaian yang bersih. Sedangkan plastik sampah untuk menampung dosa-dosa akibat kita menghasilkan sampah di gunung. Yang terakhir sebagai relawan di atas bukit.

Dan tentu masih ada perlengkapan lain-lain yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk muncak seperti tenda, alat masak, makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi seputar daftar peralatan mendaki gunung yang cukup canggih di era digital ini. Semoga bermanfaat untuk Sobat semua yang ingin mendaki gunung dalam waktu dekat. Pastikan juga tas sebagai kompartemen barang-barang juga cukup kuat untuk mengemban peralatan-peralatan di atas. Apabila ada yang Sobat ingin tanyakan seputar kebutuhan tas, khususnya tas seminar, jangan sungkan untuk mengkonsutasikannya dengan kami. Dapatkan harga tas seminar murah dan berkualitas langsung dari tangan produsennya, Vivass Bag.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked