Jenis-jenis Tas Ransel dan Fungsinya

Jenis-jenis tas ransel yang akan dikemukakan pada artikel ini yaitu tas punggung beserta keserasian penggunaannya dalam aktivitas.

Tas ransel atau disebut juga tas punggung merupakan tas yang digunakan di punggung dengan menggunakan dua tali strap ke depan sebagai pengikat tas sebagai beban utama di atas punggung. Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda, tas apa yang Anda perlukan untuk aktivitas Anda? Apakah ada perbedaan antara tas ransel satu dengan yang lainnya? Tentu saja ada, Sobat. Jangan sampai deh Sobat menggunakan tas buat naik pegunungan untuk pergi ke kantor. Alih-alih ingin terlihat keren, tetapi jadinya terlihat orang mau mudik. Oleh karena itu, perlu Sobat ketahui jenis dan fungsi tas ransel, agar penggunaan tas dan aktivitas menjadi serasi.

Pada awalnya, tas ransel atau tas punggung ini tidak memiliki berbagai macam motif dan style. Akan tetapi seiring perkembangan jaman, tas ransel menjadi banyak macam pilihan dan fungsinya. Setidaknya terdapat empat jenis tas ransel yang sering digunakan

Tas Backpack

Tas backpack ini merupakan tas punggung yang menggunakan resleting sebagai penutup saku pada tas tersebut. Karena pada awalnya tas ransel tidak memiliki penutup, seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, maka manusia menciptakan resleting sebagai penutup dan pembuka kompartemen pada tas. Dengan kata lain, backpack ini masih menjadi kata umum yang di dalamnya termasuk; tas kantor, tas laptop, bahkan tas untuk keperluan seminar pun masuk kategori backpack. Jenis tas ini juga salah satu jenis yang banyak digunakan sebagai motif tas seminar. Bahan yang digunakan bisa terbuat dari drill jika menginginkan tas seminar murah tapi tidak murahan.

Tas Ransel Kantor

Tas Backpack untuk pergi ke Kantor

Tas Rucksack

Secara garis besar, tas ransel rucksack ini tidak jauh beda dengan tas backpack. Pembedanya terdapat pada penutup kompartemen tas yang menggunakan tali serut atau ditarik untuk menutup kompartemen sebuah tas.

Pada sejarahnya, tas rucksack ini digunakan pertama kali oleh para militer yang membawa perbekalan ke medan perang dikarenakan cara menutupnya yang praktis dan cepat.

Tas Rucksack untuk seminar

Contoh tas rucksack dengan penutup

Tas Carrier

Tas jenis ini popular di kalangan para pecinta alam dan pendaki gunung. Tas carrier ini merupakan tas punggung yang memiliki volume lebih besar dari ukuran rata-rata, mulai ukuran 40 l iter hingga ratusan liter. Memiliki saku yang lebih banyak dari tas biasanya, terutama di bagian luar kompartemen tas. Biasanya dikenakan tali khusus di bagian luar kompartemen tas untuk mengikatkan tenda dan semacamnya. Jenis jahitannya pun biasanya lebih rapat dan berulang-ulang di beberapa sudut, mengingat tas jenis ini digunakan untuk membawa barang-barang berat untuk keperluan hiking dan traveling.

Tas Daypack

Jenis tas ini nyaris sama dengan jenis tas carrier memiki jahitan khusus dan digunakan untuk bepergian. Perbedaannya, tas daypack memiliki ukuran lebih kecil daripada tas carrier, mulai 10 liter hingga 35 liter. Sehingga hanya dapat digunakan bepergian dengan barang bawaan yang sedikit.

Nah, begitulah jenis tas ransel yang sering ditemui dalam keseharian dan aktivitas pada umumnya. Apakah sekarang Sobat telah menemukan jenis tas yang cocok untuk aktivitas Sobat?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked