Cara Melihat dan Mengetahui Kualitas Sebuah Tas

Bagi Anda yang beridealisme tinggi, tentu saja tak ingin asal-asalan dalam memilih dan membeli suatu barang. Merogoh kocek yang cukup banyak biasanya tidak menjadikan masalah apabila sesuai dengan kualitas barang tersebut. Perhitungannya, lebih baik membeli suatu barang yang “mahal” dengan kualitas tinggi, daripada membeli barang “murah” akan tetapi daya tahannya tidaklah seberapa. Oleh karena itu, membeli barang yang “mahal” tidak selamanya merupakan pemborosan apabila kemampuan ekonomi telah bergaris lurus dengan daya beli.

Begitu pun dalam memilih sebuah tas, perlu diketahui kriteria tas yang berkualitas. Memang tidak selamanya tas yang berkualitas memiliki brand ternama, banyak pula tas produk lokal yang tidak kalah bagus kualitasnya.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengetahui kualitas sebuah tas

Mencoba Resleting Tas

Kebanyakan produk tas di era modern ini menggunakan resleting, meskipun ada beberapa model tas yang menggunakan tali serut atau disebut dengan rucksack seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya yang membahas “Jenis-jenis Tas Ransel dan Fungsinya”.

Konveksi tas seminar dalam pengerjaan yang seksama

Pengerjaan yang seksama saat pembuatan tas

Resleting ini merupakan penutup kompartemen yang praktis dan fleksibel dalam penggunaannya. Untuk melihat sebuah tas yang berkualitas, maka hal yang pertama dilihat adalah resleting yang digunakan apakah memenuhi quality control atau tidak. Caranya, cukup Anda buka tutup resleting tersebut, apakah terasa lancar (tidak macet saat buka-tutup), kemudian lihatlah bagian jahitan antara resleting dengan kain bahan baku tas tersebut apakah jahitannya dikerjakan secara seksama. Biasanya tas berkualitas memiliki jahitan antara resleting dan kain bahan baku tas lebih presisi dan tidak berserabut.

Meraba Kain Luar-dalam Tas

Tidak kalah pentingnya adalah memeriksa ketebalan kain tas tersebut. Pilihlah tas dengan pori-pori tas yang lebih rapat, biasanya kain yang memiliki permukaan yang tidak rapat cepat berserabut karena jahitan tidak begitu menempel pada permukaan kain. Meskipun tidak selamanya, kain dengan permukaan yang tidak rapat berkualitas buruk.

Kemudian raba dan amati kain bagian dalam tas, apakah menggunakan lapisan kedua, atau tidak dilapisi dengan kain dalam. Tas yang memiliki quality control yang baik biasanya menggunakan kain pelapis pada bagian dalam tas. Ataupun menggunakan kain yang lentur, sehingga bagian dalam tidak akan mengalami retak-retak dalam pemakaian jangka lama.

Mengamati Jahitan Tas

Konveksi tas seminar yang telah jadi

Tas dengan produksi yang seksama

Bagian jahitan telah dijelaskan sekilas pada paragraf sebelumnya, pada bagian ini akan menjelaskan jahitan beserta benang yang digunakan dalam membuat sebuah tas. Tas yang berkualitas tinggi, pastinya memiliki jahitan yang begitu lurus tidak semerawut (belok-belok). Pada bagian sambungan antara kain dan resleting biasanya dijahit dua kali, sehingga jahitan tersebut memiliki daya tahan jangka panjang. Kemudian benang yang digunakan memiliki ukuran cenderung lebih kecil dan lembut. Karena benang yang berukuran lebih besar biasanya lebih rentan berserabut dan mudah putus karena mudah terkoyak oleh benda-benda tajam.

 

Demikian sedikit tips dan cara mengetahui kualitas tas yang baik, bagi Anda yang memiliki hobi naik gunung biasanya memiliki sensitivitas tinggi dalam memilih kualitas sebuah tas juga telah mengetahui tas dengan merk-merk ternama. Tetap jaga pilihan Anda, khususnya dalam memilih tas yang cocok untuk aktivitas Anda. Apalah artinya harga apabila kualitas berbicara.

Kualitas tas seminar yang bagus

Vivass Bag – Produsen tas berkualitas

Terima kasih masih menyimak artikel di vivassbag.com. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Jangan lupa memberikan saran yang membangun kepada kami via menu kontak ataupun komentar di bawah ini. Maka berhati-hatilah saat memesan tas, terlebih dengan skala besar seperti tas seminar. Konsultasikan bahan dan budget yang ada agar produk tas yang dihasilkan tidak mengecewakan. Tas seminar tidak harus mahal bisa juga mendapatkan tas seminar murah dengan kualitas yang baik.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.