Bahan Tas PU Leather, Ciri-Ciri dan Keunggulannya

Secara garis besar bahan tas PU merupakan material kulit yang terdiri dari sisa bahan kulit hewan yang dilarutkan dengan senyawa plastik polyutherane (disingkat penjadi PU). Hasil produksinya memang akan terlihat seperti full kulit sintetis karena komposisi bahan plastik lebih besar dibandingkan dengan campuran kulit aslinya.

Fungsi dari campuran kulit asli tersebut untuk memberikan pori-pori pada permukaan kulit sehingga teksturnya bisa menyerupai genuine leather alias kulit asli.

Sering kali terjadi kesalahpahaman tentang PU leather yang diartikan sebagai pull-up leather padahal jenis pull-up leather ini masih tergolong pada genuine leather tanpa campuran bahan sintetis. Pull-up leather sendiri dibuat melalui proses peregangan dari bahan kulit bagian atas sehingga material yang dihasilkan lebih tipis dari material kulit lainnya. Tujuannya agar material kulit tersebut mudah dibentuk saat diaplikasikan saat proses pembuatan sebuah produk.

Ciri-Ciri Bahan PU Leather

Perbandingan kulit asli dengan PU leather. (Foto: steelhorseleather.com)

1. Mirip dengan Kulit Asli

Karena PU leather tidak sepenuhnya terbuat dari kulit sintetis sehingga teksturnya menyerupai kulit asli (genuine leather) karena efek dari campuran kulit hewani yang dilebur kemudian ditimbulkan ke permukaan material ini.

2. Lebih Lembut

Seringkali PU leather juga dibuat lebih lembut dari material kulit lainnya. Meskipun pada beberapa produk lain ditemukan juga PU leather dengan tekstur embos seperti ditemukan pada lapisan jok kendaraan.

3. Warna Mudah Kusam

Memang ciri PU leather yang satu ini sangat tergantung pada kualitas bahan itu sendiri. Apabila Sahabat membeli tas dengan kualitas PU leather premium tentu saja akan berbeda ceritanya ya. Jadi, pinter-pinter aja Sahabat ketika memilihnya ya.

4. Mudah Kering

Permukaannya yang licin membuat percikan air dan uap mudah mengalir, sehingga membuat jenis material ini mudah kering dan dibersihkan. Cukup diusap menggunakan kain lembap, semua kotoran akan tersapu bersih.

5. Harganya Relatif Lebih Murah

Apabila Sahabat menemukan tas berbahan kulit di berbagai toko, Sahabat bisa mengetahui sekilas materialnya dari harga yang dijajakan abang-abang di tokonya. Otomatis, apabila harganya lebih murah jangan percaya kalau tas tersebut terbuat dari genuine leather. Pasalnya, bahan tas PUharganya relatif lebih murah dibandingkan dengan genuine leather.

6. Aroma

Jika Sahabat mencoba memegang dan mencium baunya, material jenis ini memiliki aroma yang sangat kuat dan sedikit menyengat dibandingkan dengan material kulit lainnya.

Kualitas PU leather ini memang sangat tergantung pada produsen yang membuatnya. Tidak jarang ditemukan banyak PU leather yang rentan sobek karena cara pengolahannya yang di bawah standar. Meskipun demikian, PU leather juga memiliki keunggulan tersendiri. Berikut ini beberapa keunggulan dari PU leather.

Baca juga: Bahan Dasar Pembuatan Tas Kulit Dibandrol dengan Harga Selangit

Keunggulan Bahan PU Leather

bahan tas pu
PU leather mudah dibersihkan. (Foto: IStock Photo)

1. Tahan Sinar Matahari

PU leather mampu bertahan di bawah teriknya sinar matahari. Oleh karena itu, jenis material ini sering kali digunakan sebagai pelapis kursi kendaraan, tas dan pelapis furniture.

2. Mudah Dicuci

Karena terbuat dari sebagian besar kulit sintetis, PU leather menjadi lebih tahan terhadap detergen. Jadi, aman-aman saja apabila Sahabat ingin menyeka tas berbahan PU leather menggunakan sedikit sampo, namun Sahabat tetap harus hati-hati karena sifat materialnya yang mudah kusam.

3. Mudah Dibentuk

Sebagai bahan tas, PU leather cukup mudah dibentuk karena karakteristik materialnya yang lebih tipis dibandingkan dengan geniunie leather. Proses penjahitannya pun cenderung menggunakan jarum yang standar dibandingkan dengan genuine leather sehingga memudahkan para produsen tas dalam mengolahnya.

4. Tidak Mudah Retak

Tidak seperti kulit sintetis lainnya, PU leather yang dilebur dengan senyawa genuine leather memberikan efek lentur pada permukan material jenis ini. Jika Sahabat menemukan tekstur retak pada permukaan produk tertentu seperti tas, kemungkinan besar bahan tersebut terbuat dari kulit sintetis sepenuhnya karena bahan tas PU tidak mudah retak seperti demikian.

5. Waterproof

Ini salah satu keunggulan yang sering dimanfaatkan para produsen tas ataupun produsen lainnya yang menerbitkan barang-barang yang perlu dilindungi dari siraman air. Dalam pengaplikasian, bahan tas PU leather juga seringkali digunakan sebagai material kombinasi dengan material lainnya seperti jeans ataupun kanvas.

Baca juga: Mengetahui 7 Bahan Tas yang Bagus Sebelum Memesan Tas Custom

Contoh Tas Berbahan PU Leather

Nah, sekarang Sahabat sudah bisa membedakan mana bahan PU leather mana genuine leather. Dari galeri contoh bahan tasbahan tas PU leather di atas bisa juga ni jadi insirasi untuk membuat tas seminar atau tas pelatihan lainnya. Jika harus memilih, kira-kira Sahabat akan memilih desain yang mana ni?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.