7 Jenis Kain Kanvas Tote Bag yang Biasa Digunakan di Indonesia

Sedikitnya ada 7 jenis kain kanvas tote bag yang biasa digunakan di Indonesia, antara lain; kanvas ripstop, kanvas blacu, kanvas terpal, kanvas marsoto, kanvas baby, kanvas sueding dan kanvas polyester.

Agar Sahabat lebih mudah memilihnya maka perlu mengetahui deskripsi masing-masing jenis kanvas tersebut, oleh karena itu Vivass Bag memaparkan satu demi satu sebagai berikut.

1. Kanvas Ripstop

jenis kain kanvas tote bag ripstop
Jenis kain kanvas ripstop. (Foto: Tokopedia)

Jenis kanvas yang satu ini termasuk bahan yang ringan juga tidak begitu tebal, tekstur tipis membuatnya mudah dibentuk dan dikombinasikan dengan kain lainnya. Sebenarnya bahan ini tidak hanya bisa digunakan sebagai kain kanvas tote bag saja tetapi juga sering kali digunakan sebagai bahan baku pakaian dan berbagai jenis aksesoris.

2. Kanvas Blacu

jenis tas kanvas tote bag blacu
Contoh jenis kanvas blacu. (Foto: Tokopedia)

Sepertinya bahan ini sudah lumrah ditemukan dan termasuk bahan yang paling banyak digunakan sebagai bahan tote bag. Sesuai dengan harganya yang ringan, jenis kain yang satu ini tidak begitu kuat untuk menampung beban berat. Oleh karenanya kebanyakan tas ini dibuat hanya sebagai tas souvenir dalam berbagai acara.

3. Kanvas Terpal

jenis kanvas terpal
Contoh kain kanvas terpal. (Foto: Tokopedia)

Mengapa jenis kain kanvas ini disebut dengan terpal? Sahabat pasti sudah bisa menebaknya bukan? Ya, jenis kanvas yang satu ini bisa tahan terhadap air dengan anyaman yang sangat rapat dan tebal. Tote bag yang dibuat dari jenis kanvas terpal biasanya berbentuk lebih besar dari tote bag biasanya karena materialnya yang kuat biasa menampung beban yang cukup berat.

4. Kanvas Marsoto

kanvas marsoto
Contoh tote bag dari kanvas marsoto. (Foto: Tokopedia)

Pada dasarnya kain ini tidak dijadikan sebagai jenis kain kanvas tote bag, pada mulanya hanya sebagai media lukisan. Namun demikian, pertumbuhan industri begitu dinamis sehingga berbagai invoasi pun telah dicapai sehingga jenis kain tekstil ini layak juga dijadikan sebagai bahan dasar pembuat tote bag. Terlebih tote bag dengan motif batik, sangat cocok menggunakan jenis kanvas marsoto.

5. Kanvas Baby

baby kanvas
Contoh kain baby kanvas. (Foto; Tokopedia)

Sesuai namanya kanvas baby atau baby canvas karena teksturnya begitu halus seperti kulit bayi. Memang materialnya lebih tipis dibandingkan dengan jenis kain kanvas lainnya akan tetapi seratnya yang rapat dan kuat membuat jenis kanvas ini digemari banyak customer. Karena kelembutan dan kerapatan benangnya, kanvas baby sering kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerudung.

6. Kanvas Sueding

jenis kain kanvas tote bag sueding
Contoh jenis kain kanvas sueding. (Foto: Tokopedia)

Kanvas sueding mungkin tergolong salah satu material yang mewah untuk dijadikan bahan tote bag, karena teksturnya yang lembut dan berbulu pada bagian permukaan menyerupai kulit binatang. Kain ini cukup lembut, sehingga mudah dibentuk atau dikombinasikan dengan kain lainnya dalam proses produksi tote bag. Selain dijadikan bahan baku pembuatan tas, kanvas sueding juga sering kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan jaket.

Baca juga: Mengetahui Bahan Tas Polyster dengan 8 Poin Kelebihannya

7. Kanvas Polyester

kanvas polyester
Cotoh tote bag polyester. (Foto: Tokopedia)

Apapun yang dinamakan polyester selalu berhubungan dengan plastik, termasuk jenis kain kanvas yang satu ini. Terbuat dari material plastik sehingga memiliki nama lain kanvas PE. Kelebihannya memiliki daya tahan yang lebih kokoh, bandel terhadap jamur, mudah dirapikan dan mudah kering saat terkena cipratan air. Selain itu, harga kanvas polyester tergolong cukup murah sehingga tidak akan memakan budget yang terlalu besar saat Sahabat ingin mengadakan acara seminar atau pelatihan lainnya.

Baca juga: 13 Macam Bahan Tas Kanvas Disertai Contoh Gambarnya

Terlepas dari berbagai jenis bahan kanvas di atas, pada dasarnya Sahabat bisa secara bebas mengekspresikan desain tote bag-nya menggunakan jenis bahan lainnya. Jadi, tak perlu takut menggunakan bahan apapun selama itu memungkinkan untuk diproduksi.

Motifnya pun tidak harus selalu polos, bisa juga menggunakan kombinasi bahan yang berbeda jenis atau kombinasi kain batik yang unik. Efeknya semua karya tentu saja akan memakan biaya yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan.

Namun demikian, Sahabat tak perlu khawatir dengan harga yang kemahalan karena Vivass Bag merupakan produsen tas seminar yang berani memberikan harga lebih hemat bahkan gratis ongkir ke seluruh daerah di Indonesia. Fasilitas gratis ongkir ini bukanlah promo jebakan yang syaratnya memusingkan akan tetapi benar-benar gratis ongkir hanya dengan pemesanan minimum 30pcs.

Jadi, tunggu apa lagi Sahabat? Segera konsultasikan kebutuhan tas seminar Sahabat bersama Vivass Bag, cara menghubunginya cukup dengan klik ikon WhatsApp yang ada pada bagian bawah situs ini maka Sahabat akan langsung terhubung dengan WhatsApp Business Vivass Bag.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.