7 Contoh Tas Bahan Nylon sebagai Sumber Inspirasi Desain

Berikut ini akan ditunjukkan beberapa contoh tas bahan nylon dari sumber populer di dunia. Namun sebelumnya tak ada salahnya Sahabat untuk mengetahui terlebih dahulu jenis material ini terlebih dahulu beserta keunggulannya.

Nylon merupakan material yang terbuat dari petrokimia yang diolah sedemikian rupa oleh teknologi manusia untuk menghasilkan kain sebagai bahan baku tertentu. Keunggulan dari bahan nylon adalah keawetannya, mudah untuk dibersihkan dan harganya tidak terlalu mahal.

Pertama kali digunakan pada tahun 1938 untuk produksi sikat gigi, sedangkan untuk jenis fesyen pertama yang menggunakan bahan ini adalah stoking wanita.

Kualitas Bahan Nylon

1. Ini sangat kuat dan elastis.

2. Pemeliharaan yang mudah.

3. Cepat kering dan awet.

4. Ini adalah serat responsif dan tangguh. Ini tahan kotoran dengan baik dan relatif tahan terhadap panas, sinar UV dan bahan kimia

5. Dengan perawatan yang tepat, kain Nylon mempertahankan warna putihnya dan tidak memerlukan pemutihan.

6. Karena tahan bahan kimia, jika bahan menjadi kuning atau abu-abu, pemutih dapat digunakan dengan aman.

Isu yang Berkaitan dengan Lingkungan

Meskipun bahan ini memiliki segunang kelebihan di bidang industri tekstil akan tetapi ada dampak lingkungan dari nylon sangat penting diperhatikan.

Nylon berasal dari sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Nylon terbuat dari minyak bumi yang merupakan sumber daya yang tidak terbarukan dan memiliki dampak lingkungan negatif yang signifikan selama ekstraksi.

Penggunaan yang boros energi. Nylon membutuhkan lebih banyak energi untuk diproduksi daripada poliester dan juga tiga kali lebih intensif energi daripada kapas untuk diproduksi.

Pelepasan gas rumah kaca. Produksi Nylon menghasilkan pelepasan nitrous oxide, gas rumah kaca yang memiliki kontribusi signifikan terhadap pemanasan global.

Proses pewarnaan serat menciptakan polusi air yang signifikan. Dengan lebih banyak Nylon diproduksi di negara-negara dengan perlindungan lingkungan yang lebih lemah, peringatan itu bahkan lebih tinggi ketika kerawanan air meningkat di negara berkembang, di mana sejumlah besar bahan mentah diekstraksi.

Menjadi produk berbasis plastik, nylon tidak dapat terurai secara hayati. Nylon akan bertahan di lingkungan tanpa batas jika tidak dibuang dengan benar.

Karena polusi mikroplastik yang dipicu oleh jaring ikan Nylon dan serat tekstil sintetis yang luntur saat dicuci, polusi mikroplastik meningkat secara drastis di lautan.

7 Contoh Tas Bahan Nylon

1. Contoh Tas Bahan Nylon dengan Bentuk Tas Serut

contoh tas bahan nylon
Contoh tas bahan nylon dengan bentuk tas serut. (Foto: Amazon)

Teksturnya yang mudah diatur membuat jenis bahan ini bisa dibentuk sebagai tas serut, meskipun pada bagian top-nya menggunakan tali yang ditarik akan mengerut namun bahannya tetap akan terlihat rapi dan bersih. Kombinasi warna yang cocok akan membuat bahan nylon lebih menarik dan unik.

2. Mountain Backpack

contoh tas bahan nylon tas gunung
Contoh tas bahan nylon type mountain. (Foto: Amazon)

Daya tahannya yang tak diragukan lagi membuat bahan nylon layak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tas gunung seperti pada gambar di atas. Namun tidak selamanya bahan nylon ini bisa menahan air secara optimal sehingga perlu rain cover jika pada label produk tidak ada keterangan water proof.

3. Army Bag

contoh tas bahan nylon army
Contoh tas bahan nylon untuk tas army. (Foto: Amazon)

Berbagai macam desain bisa diaplikasikan menggunakan bahan baku nylon tak terkecuali desaint tas untuk para prajurit. Untuk desain tas jenis army pastinya menggunakan bahan lapisan lainnya agar daya tahannya semakin kokoh untuk berbagai macam medan.

4. Purple Backpack yang Cantik

backpack purple wanita
Contoh tas bahan nylon dengan desain ransel wanita. (Foto: Amazon)

Tidak hanya untuk desain tas cowok tetapi juga bisa diaplikasikan pada desain tas wanita seperti pada gambar di atas. Dengan syarat desain yang tepat dipadukan dengan warna yang memikat, cewek mana sih yang tidak tertarik dengan tas trendy seperti ini.

5. Ransel Branded The North Face

contoh tas nylon branded the north face
Contoh tas nylon branded The North Face. (Foto: Amazon)

Bagi Sahabat yang menyukai gaya klasik dari brand berpengalaman pasti sudah tahu dengan nama produk yang satu ini. The North Face sudah dikenal baik akan kualitasnya oleh berbagai generasi hingga tren masa kini, brand tas ini juga tak ragu untuk menggunakan bahan nylon sebagai bahan dasar ransel kerennya.

6. Navy Backpack

tas backpack warna navy
Contoh backpack nylon warna navy. (Foto: Amazon)

Desain tas kekinian dengan warna navy tak kalah keren dibuat dengan bahan dasar nylon. Apalagi disertai dengan bonus tas jinjing yang lucu seperti pada gambar di atas. Kira-kira Sahabat suka nggak model tas seperti ini?

Baca juga: Mengetahui Bahan Tas Polyster dengan 8 Poin Kelebihannya

7. Contoh Tas Bahan Nylon dari JanSport

contoh tas jansport
Contoh tas JanSport bahan nylon. (Foto: Amazon)

Halo Sahabat yang hits! Pastinya tahu donk produk anak kekinian yang satu ini? Nah, material yang digunakan untuk ranselnya adalah bahan nylon, ternyata bisa juga didesain dengan warna temaram seperti ini ya. Cocok banget bagi Sahabat yang selalu up to date masalah fesyen.

Baca juga: Contoh Tas Bahan Dinir alias Denier, Kualitas Layak Pamer

Itu dia Sahabat 7 contoh tas bahan nylon yang bisa menjadi referensi desain Sahabat, baik untuk melakukan pembelian tas jadi ataupun pemesanan tas semnar di Vivass Bag. Sampai di sini dulu ya Sahabat, semoga berjumpa lagi di artikel selanjutnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.