3 Jenis Bahan Tas Tahan Air, Ketahui Fungsinya Sebelum Memesannya

Jenis bahan tas tahan air tergolong menjadi 3 istilah, yaitu waterproof, water repellent dan water resistant.

Sebenarnya Sahabat sering mendengar atau melihat keterangan ketiga istilah tersebut hanya saja mungkin belum mencari tahu informasi lebih lanjut tentangnya. Nah, di sini Sahabat akan mendapatkan penjelasannya secara gamblang.

3 Istilah untuk Jenis Bahan Tahan Air

Pengelompokkan ketiga jenis bahan ini tidak dilihat berdasarkan material pembentuk kain tersebut melainkan dibedakan berdasarkan istilah yang mengklasifikasikan kegunaannya masing-masing. Berikut ini keterangan mengenai tiga jenis bahan tersebut.

1. Bahan Tas Tahan Air dengan Istilah Waterproof

jenis bahan tas tahan air
Contoh tas yang dibuat dengan bahan waterproof. (Foto: Amazon)

Waterproof secara bahasa terdiri dari dua kata Bahasa Inggris yaitu ‘water’ dan ‘proof’ yang berarti air dan tahan jadi secara bahasa artinya tidak jauh beda dengan fungsinya yaitu menahan air agar tetap berada di luar barang. Waterproof juga dikenal sebagai dry bag karena tas yang terbuat dari bahan jenis ini bisa tetap kering pada bagian dalam tas tersebut.

Bahannya terdiri dari kain yang dikombinasikan dengan thermoplastic polyurethane (TPU) sehingga karakter material ini benar-benar bisa menahan air agar tidak masuk pada bagian kompartemen dalam dengan syarat disandingkan dengan risleting yang sepadan.

2. Bahan Tas Tahan Air dengan Istilah Water Repellent

bahan tas tahan air
Contoh tas yang dibuat dengan bahan water repellent. (Foto: Amazon)

Istilah water repellent terdiri dari dua kata, ‘water’ yang berarti air dan ‘repellent’ yang berarti penolak jadi bisa diartikan sebagai bahan penolak air.

Water repellent berada setingkat di bawah jenis bahan tas waterproof karena daya tahannya hanya mampu menahan cipratan air saja akan tetapi tidak bisa menahan derasnya hujan saat menggunakan tas di perjalanan. Komposisi bahannya bersifat hydrophobic yaitu bahan yang hanya bisa menampik air sehingga tidak terjadi genangan secara langsung sebagaimana air pada permukaan daun talas. Bahan ini sering juga disebut dengan taslan balon atau parasut balon.

3. Bahan Tas Tahan Air dengan Istilah Water Resistant

bahan tas tahan air
Contoh tas dengan bahan water reseistant. (Foto: Amazon)

Water resistant terdiri dari dua kata, ‘water’ yang berarti air dan ‘resistant’ memiliki arti bersifat menentang. Memang jika Sahabat melihat dalam kamus terkadang diartikan juga sebagai ‘tahan’ namun dalam istilah jenis material pembentuk tas ini kurang cocok menyandang arti tersebut karena sifatnya yang hanya bisa menahan penetrasi aliran air sehingga tidak secara langsung mengguyur bagian dalam kompartemen tas.

Bahan jenis ini merupakan kelas terbawah dari material jenis bahantas tahan air dibandingkan dengan dua bahan sebelumnya. Namun demikian, bahan water resistant ini masih bisa menahan air pada permukaan sehingga air yang masuk hanya rembesannya saja.

Setelah mengetahui istilah-istilah di atas, sekarang Sahabat bisa memilih jenis bahan mana yang cocok untuk keperluan Sahabat. Sebagai referensi, berikut ini bahan waterproof terbaik yang bisa Sahabat gunakan.

Baca juga: Contoh Tas Bahan Dinir alias Denier, Kualitas Layak Pamer

5 Jenis Bahan Waterproof Terbaik

bahan tas tahan air
Ilustrasi bahan waterproof. (Foto: Istock Photo)

1. PUL

PUL merupakan singkatan dari polyurethane laminate, yaitu kain yang dibuat dengan alas plastik dikombinasikan dengan lapisan tipis yang mampu menahan air. Tidak hanya bersifat tahan air, bahan PUL juga memiliki daya tahan yang awet, karakter bahannya fleksibel, lembut dan nyaman meskipun langsung bersentuhan dengan kulit.

2.TPU

Kepanjangan dari TPU adalah thermoplastic polyurethane, merupakan bahan yang mirip dengan PUL terdiri dari serat plastik, hanya saja daya tahannya terhadap air lebih rendah dibandingkan jenis bahan PUL.

3. Waxed Canvas

Disebut juga dengan kanvas lilin karena bahan ini terdiri dari tenunan kain padat yang disebut kanvas kemudian dilapisi lilin sebagai penahan air. Kain kanvas ini bisa dikatakan jenis kanvas teratas dibandingkan bahan kanvas lainnya sehingga harganya pun lebih tinggi. Daya tahannya terhadap air memiliki batasan tertentu, jadi perlu hati-hati saat menggunakannya di tengah cuaca hujan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Polyester

Pada dasarnya bahan jenis ini tidak benar-benar tahan air, namun karena kerapatan materialnya tersusun dari nilon plastik membuat bahan jenis ini bisa mengalirkan air dengan cepat sehingga tidak masuk pada kompartemen utama.

5. Kanvas Ripstop

Kain jenis ini terbuat dari serat nilon dengan permukaan yang kasar dan kuat. Lebih tepatnya kain jenis ini mampu menahan angin, namun dengan lapisan kedap air akan menjadi penahan air yang sempurna. Seperti halnya dalam Perang Dunia II kain ini populer sebagai bahan baku pembuat parasut.

Baca juga: Mengetahui Bahan Tas Polyster dengan 8 Poin Kelebihannya

Itulah Sahabat beberapa istilah untuk jenis kain yang tahan air disertai rekomendasi bahan terbaiknya, semoga bisa menjadi inspirasi Sahabat dalam memilih bahan yang tepat sesuai fungsinya masing-masing.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.